Peningkatan kemampuan dan kompetensi guru dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk perbaikan dan pertumbuhan kemampuan (abilities), sikap (attitude), dan keterampilan (skill) yang harus dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan nasional Indonesia.
Peningkatan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya, diharapkan akan berdampak pada peningkatan kinerja guru saat proses belajar mengajar di dalam kelas sekaligus akan berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan kompetensi oleh peserta didik.
Meningkatkan Kompetensi Guru merupakan sebagai salah satu cara untuk memenuhi standar kompetensi guru sesuai dengan tuntutan profesi dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Meningkatkan Kompetensi Guru menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan untuk menjaga profesionalitas guru mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.
Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus belajar selama berprofesi sebagai pendidik, adalah sebagai berikut.
Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat.
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru. Karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru untuk menjamin peserta didik memiliki karakter yang terpuji
Metode pembelajaran yang digunakan pada peserta didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada peserta didik generasi sekarang. Oleh karena itu, cara ataupun metode pembelajaran yang digunakan guru harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik saat ini, dengan segala tantangan yang mempengaruhinya.
Berdasarkan alasan tersebut di atas,tanggal 26 Oktober 2019 dimulai kegiatan Peningkatan Kompetensi Pendidik, dimana kami berkesempatan bergabung di SMP Negeri 12 Kebayoran Baru, bersama pendidik lainnya yang berasal dari wilayah Jakarta Selatan.
Ada sekitar 20 Orang Guru yang berasal dari Sekolah Dasar, dan sejumlah kelompok guru lainnya berasal dari jenjang pendidikan menengah (SMP dan SMA)
Bertugas sebagai Guru Inti sekaligus Narasumber Pipit Irawati yang pada hari pertama telah memaparkan Integrasi PPK, GLN dalam pembelajaran berbasis HOTS, dan Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran berbasis HOTS.
Kegiatan PPK dilakukan dengan paparan materi oleh nara sumber, diksusi dalam kelompok, dan diskusi antar kelompok termasuk tugas tugas individual.
Penanggungjawab kegiatan ini dari Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan menegaskan, Guru Pembelajar harus terus belajar, mampu beradaptasi dengan perubahan, dan dapat menginspirasi peserta didik menjadi subjek pembelajar mandiri yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif.
Harapan kita dengan kegiatan PKP ini, akan ada peningkatan kompetensi yang terukur bagi semuanya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan kita secara nasional khususnya di DKI Jakarta. /iP
Peningkatan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya, diharapkan akan berdampak pada peningkatan kinerja guru saat proses belajar mengajar di dalam kelas sekaligus akan berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan kompetensi oleh peserta didik.
Meningkatkan Kompetensi Guru merupakan sebagai salah satu cara untuk memenuhi standar kompetensi guru sesuai dengan tuntutan profesi dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Meningkatkan Kompetensi Guru menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan untuk menjaga profesionalitas guru mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.
Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus belajar selama berprofesi sebagai pendidik, adalah sebagai berikut.
Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat.
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru. Karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru untuk menjamin peserta didik memiliki karakter yang terpuji
Metode pembelajaran yang digunakan pada peserta didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada peserta didik generasi sekarang. Oleh karena itu, cara ataupun metode pembelajaran yang digunakan guru harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik saat ini, dengan segala tantangan yang mempengaruhinya.
Berdasarkan alasan tersebut di atas,tanggal 26 Oktober 2019 dimulai kegiatan Peningkatan Kompetensi Pendidik, dimana kami berkesempatan bergabung di SMP Negeri 12 Kebayoran Baru, bersama pendidik lainnya yang berasal dari wilayah Jakarta Selatan.
Ada sekitar 20 Orang Guru yang berasal dari Sekolah Dasar, dan sejumlah kelompok guru lainnya berasal dari jenjang pendidikan menengah (SMP dan SMA)
Bertugas sebagai Guru Inti sekaligus Narasumber Pipit Irawati yang pada hari pertama telah memaparkan Integrasi PPK, GLN dalam pembelajaran berbasis HOTS, dan Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran berbasis HOTS.
Kegiatan PPK dilakukan dengan paparan materi oleh nara sumber, diksusi dalam kelompok, dan diskusi antar kelompok termasuk tugas tugas individual.
Penanggungjawab kegiatan ini dari Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan menegaskan, Guru Pembelajar harus terus belajar, mampu beradaptasi dengan perubahan, dan dapat menginspirasi peserta didik menjadi subjek pembelajar mandiri yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif.
Harapan kita dengan kegiatan PKP ini, akan ada peningkatan kompetensi yang terukur bagi semuanya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan kita secara nasional khususnya di DKI Jakarta. /iP
Tags
Beranda